Selasa, 01 Oktober 2013

Persahabatan terpisah oleh rasa

Hari ini... Saya mau post tentang arti dari sebuah persahabatan.. Aku mempunyai seorang teman dekat waktu kuliah dulu. Kami mulai dekat pas semester 4 mungkin aku juga tidak ingat kapan pastinya. Dia seorang wanita yang pintar. Lulusan pasantren terkenal didaerahnya. Bahasa arab seperti air mengalir keluar dari mulutnya yang ramah.. Kami mulai dekat dan jalan bersama... Padahal aku tipe orang yang tidak suka terjun dalam sebuah perkumpulan atau gank.. Aku lebih suka menyendiri.. Datang saat jam kuliah pulang saat jam berakhir.. Sedangkan sering teman2 1 unit mengajakku untuk gabung dengan mereka tapi aku tak pernh mengubrisnya... Seperti angin lalu Nama temanku itu ida.. Dia cantik putih juga pintar. Saat kampus kami mau direnovasi. Kami pindah sementara ke sekolah lain di lam dingin banda aceh.. Dan kami ngekos kedaerah itu... Sejak itu aku semakin dekat dengannya... Dan dia menjadi salah seorang sahabat tempatku berkeluh kesah... Saat hubungan persahabatan kami sedang diuji.. Aku melihat dia benar2 tulus menyayangiku.. Dan saat itu aku percaya bahwa dia yang terbaik yang kumiliki Tapi saat dia memutuskan untuk menikah dan non aktif dari kampus.. Hubungan kami agak merenggang Dia sibuk dengan suaminya... Aku sibuk dengan skripsi juga kkn di aceh selatan. Saat undangan pernikahannya diberikan kepadaku... Aku menerimanya dengan bahagia... Tetapi aku tak bisa menghadiri pestanya dikarenakan digelar diluar daerah... Aku tak memiliki bajat yg cukup untuk kesana... Akhirnya aku hanya mengiriminya doa semoga menjadi keluarga yang samara... Aku fikir ini sudah berlalu dan tak menorehkan apa2 dihatinya... Ternyata aku salah.. Dia mengharapkan aku datang atau setidaknya ada kado sebagai tanda bahwa aku memperhatikannya... Dan setelah 3 tahun berlalu... Ku baru tau tadi... Ya tadi... Saat aku menginjugi rumahnya dia bercerita bahwa dia kecewa sama aku... Ya sama aku karena aku tak memberikan apa2 dihari pernikahannya... Aku terhenyak... Aku berfikir bahwa itu sudah sangat lama berlallu dan akutak berfikir bahwa dia membenciku karena itu... Aku kecewa nek sama qe.. Qe tman baik aku dikampus... Teman 1 kos... Tapi tega qe dhari bahagia aku tidak datang dan memberikan kado... Gak usah mahal nek tapi ada... Bahwa qe memperhatikanku... Tapi... Smpe sekarang udah 3 tahun aku tak terima apa2 dari qe. Aku gak nagih. Tapi sebagai sahabat yang aku anggap baik qe g memperhatikan hal itu... Nekkkk aku minta maaf.. Kalo hal itu membuat qe marah kepadaku... Aku gak tau klo qe marah kepadaku sedngkan qe gak bilang apa kesalahan aku... Dan akhirnya aku menyesalinya... Menyesali kebodohanku yang dulu aku anggap itu tak penting tapi membuat hubungan pertemanan kami merenggang. Lalu aku minta izin kepadanya dengan alaasan mau pulang. Tapi buka itu... Aku langsung kepasar aceh... Jujur saja uang didompetku tinggal 54000 hari itu. Akhirnya aku memutuskan untuk membeli jam tangan... Ia jam... Yang aku anggap bisa mewakili perasaanku dan perasaannya... Bahwa setelah 3 tahun aku baru tau dia membenciku karena aku tak memberikan kado dihari pestanya.... Mungkin ia ini bukan tentang kado... Tapi tentang sorang sahabat yang memerhatikan sahabatnya.... Akhirnya aku kembali kerumahnya.... Kau tau apa yang kemudian terjadi... Dia menangis... Dan aku ikut menangis bersamanya... Aku memelukanya dan meminta maaf bahwa baru sekarang aku bisa memberikan kado diacara pestanya... Aku sendiri merasa tidak enak hati... Tapi apa yang mau dikata aku tidak ingin dia semakin membenciku... Dan semoga hadiah yang aku berikan bisa menjadi pertanda bahwa hubungan kami akan baik2 saja.... Memang harganya tidak seberapa... Aku bahkan menceritakan kisah ini kepada penjual jam... Bukan niat untuk mengurangi harganya... Tapi aku ingin dia tau bahwa aku menginginkan jam itu karena ini sangat berarti untuk kami. Akhirnya aku mengerti bahwa sesuatu yang kita anggap tidak penting bahkan sangat penting untuk orang lain. Maka dari itu janganlan sekali2 mengelehkan sesuatu yang menurut anda sepele... Karna sesuatu itu bisa menjadi sangat berharga untuk orang lain Seperti aku. Aku baru tau setelah 3 tahun. Bahwa dia membenciku karena aku mengelehkan sesuatu yang aku anggap biasa2 aja tapi itu telah merusak hubungan kami hingga 3 tahun Dan aku tidak ingin ini terjadi pada kalian Siapapun itu... Jangan pernah menganggap bahwa itu tak pernah penting... Karena apa yang kita anggap tak pernah penting. Itu sangat penting untuk orang lain. Belajarlah untuk bisa mengerti dan memahami apa yang dirasakan oleh orang lain... Sebagai seorang sahabat aku telah gagal Karena aku tak pernah tau apa keslahanku sehingga kau menjauh dariku Tapi ketika kau jujur terhadapku.. Betapa terkejutnya aku bahwa hal yang aku anggap tak penting sangat penting untukmu Sahabatku... Maafkan aku yang membiarkan waktu melukai hatimu Membiarkan waktu mengambil jarak untuk memisahkan kita Maafkan aku yang baru sekarang bisa memahami apa yang kau inginkan dariku... Aku bisa melihat air matamu tadi adalah air mata penyesalan juga kebahagiaan bahwa sahabatmu telah mengerti apa maumu Kau menyesal karna telah membenciku selama itu... Aku paham.. Bahkah jika kau membenciku setelah ini aku bisa terima Karena aku pantas untuk mendapatkannya... Untuk seseorang yang bernama FARIDA terimakasih karena sudah mau menjadi sahabatku dan mau memaafkanku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar