Sabtu, 19 Oktober 2013

Menjadi Pengangguran Yang Bahagia

Pengangguran...
Hmm.. Apa yang kamu rasa ketika kamu menjadi salah satu dari ribuan pengangguran yang ada di Aceh ini Atau kau adalah salah satu dari ratusan orang yang beruntung karena memiliki pekerjaan dan kau memilih resign karena tak betah disana..
Yups... Dan aku adalah orang yang kedua dari itu
Alhamdulillah setelah selesai kuliah S1 ku tahun 2012 kemaren aku langsung mendapatkan kerja..
Dan disana aku telah bekerja selama 1 setengah tahun
Pergi jam 8 pagi pulang jam 5 sore Selama 6 hari dalam satu minggu Bosan... Ya bosan...
Bahkan sangat bosan
Memang awal2nya menyenangkan tapi kalo sudah setiap hari eneg juga
Tapi untungnya kami memiliki fasilitas yang bagus dan bisa dimanfaatkan
Jika aku bosan aku bisa chating atau menulis diblog ini
Atau jika tidak ada kerjaan dan lagi bosan sering juga aku main game juga nonton film favorit di LBS TV
Back to topic...
Itu cerita aku saat kerja dulu..
Tapi sekarang aku sudah jadi pengangguran jadi semua itu tidak ada lagi
Walaupun ada rasa rindu yang terkadang menyelusup saat seru2an dulu bersama teman2 kantor
Tapi pengangguran bukan berarti membuat kita bosan atau uring2an dirumah
Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat kita jadi pengangguran
Aku adalah salah seorang dari ratusan jiwa yang merasa bosan hidupnya terkekang oleh waktu jadi memilih untuk resign
Walau pikiranku belum matang saat itu
Aku resign dikarenakan pilihan2 yang harus aku putuskan
Pilihan2 yang membuat aku tak menyesalinya sedikitpun
Jadi inilah aku sekarang
IM FREE
aku bebas untuk ngapain aja... Kemana aja...
Ngelakuin apa aja yang membiat hati aku bahagia
Jadi apa yang bisa kita lakukan disaat kita jadi pengangguran dan tak ada kerjaan?
Ada banyak hal menurutku
1. Menyalurkan hobby
Yups.. Bagi kamu yang misalnya hoby mancing seperti aku
kamu bisa merencanakan untuk memancing dimana..
Persiapkan alat pancingan.. Makanan.. Minuman dan stamina.. Juga jangan lupa ajak teman biar suasana tidak bosan
2. Jalan2 atau kemping di gunung
Bagi kamu yang hoby jalan2 atau berpetualangan dan kemping kamu bisa langsung merencanakan hoby kamu itu...
Ajak teman2 seperjuangan untuk ikut dalam ekspedisi kamu kali ini Pastikan juga stamina yang fit karena harus naik gunug..
Bekal yang bisa dibawa dari rumah.. Juga Peralatan kemping
jadi walaupun pengangguran dan harus hemat duit bukan berarti kita tidak bisa memanjakan hoby kita itu.
3. Menulis atau membaca
Hmmm... Bagi kamu yang suka menulis kita bisa menulis dimana aja asalkan ide itu muncul.. (Seperti aku ide ini muncul saat aku tengah santai didepan tv)
kemudian mulailah menuliskan itu di blog apapun yang menurutmu bisa menjadi sebuah artikel
Atau kau bisa juga membaca buku2 kesukaanmu...
Kalau aku sangat suka membaca novel tenlite.. Bahkan dalam beberapa jam bisa kuselesaikan.
Duduk ditempat yang teduh.. Dibawah pepohonan sambil mendengarkan musik...
Dan tidak pernah ketinggalan minuman dan makanan
4. Menonton film favorit
Aku diwaktu senggang sangat suka menonton film korea
Bahkan aku rela menghabiskan waktu seharian demi menatap layar itu
Rela tak menepati janji dengan pasangan(kalo mau episode terakhir)...
Rela tak membalas atau mengangkat telpon teman
Semua demi drama korea
5. Foto2 lokasi atau peristiwa tertentu
Bagi kamu yg suka foto2 atau yang memang punya komunitas fotografer wahhh ini salah satu hoby yg mendatangkan uang loh
Selain kamu bisa mwngfoto objek orang... Gunug ataupun pemandangan
Selain mendatangkan uang kamu juga bisa memposting foto2 tersebit sebagai artikel di blog kamu
Misalnya kamu lagi jalan2 ke sabang selain kamu menfoto tempat2 disabang kamu bisa memposting foto itu juga di blog...
Aku sering juga pergi berpetualang dan hanya mengandalkan kamera ponsel.. Dan sering kali hasil potretanku berpindah ke artikel blog
6. Merancang ide
Yups... Bagi kita pengangguran pastinya sebelum kita punya kerjaanpun kita memiliki impan2 sendiri tentang usaha kita dimasa yang akan datang (Seperti impianku bahwa menjadi seorang pegawai dan waktu senggang sebagai pengusaha)
Dan mulailah merealisasikan idemu tersebut..
Cari informasi... Konsultasi dengan keluarga atau teman yang berpengalaman
lalu mulailah membuka usahamu dan pastikan ketika kau memilih usaha tersebut kau harus fokus dan yakin
bahwa suatu hari usahanu harus sukses
Mungkin itulah ide2 yang bisa aku bagi untuk kalian Ataupun hoby2 yang bisa mendatangkan uang Semua berawal dari kita... Bagaimana kita bisa membuat usaha sekreatif mungkin dan mwnjadikan itu sebagai lahan u tuk masa depan kita
Selamat berusaha Semoga kita bisa menjadi pengusaha yang sukses

6 komentar:

  1. Balasan
    1. Heeh... Ia bg sya oeg sbg tp smentra domsli di montsik aceh bsar.... Ab org mana

      Hapus
  2. Kalau aku sedang bosan biasanya baca buku, majalah, atau blog. Tapi nggak bisa membaca sambil mendengarkan musik di bawah pohon yang rindang dan teduh karena mengganggu konsentrasi. hukss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahhh... Kan mndgrkan yg lmbt yg g mwnggngu knsentrasi... Sya kalo bca ska jg dtmni sma musik yg lmbut... Jdi bawaan na seru gto... CBa deh skli2 ngersaain sensasi beda

      Hapus
  3. Hmm... untuk sekarang sepertinya saya lebih senang freelance, jadi ga terikat harus masuk pagi pulang petang. Lebih fleksibel juga.

    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga untuk khaira hisan.......
      setiap orang kan punya hoby jga keinginan beda... karna mansia gak pernah sma... tpi yg harus ada yaitu toleransi atau salling mengerti satu sma lain....

      yups... semoga sukses

      Hapus