Ada 3 kaleng coke.
Ketiga kaleng tersebut diproduksi di pabrik yang sama di sebuah daerah Jawa Timur.
Ketika tiba harinya (untuk didistribusikan), sebuah truk datang ke pabrik, mengangkut kaleng-kaleng coke tersebut dan menuju ke tempat yang berbeda untuk dijual.
Pemberhentian pertama adalah sebuah mini market lokal.
Kaleng pertama diturunkan di sini. Lalu, dipajang di rak bersama dengan kaleng minuman ringan lainnya.
Ia diberi harga Rp.4.000
Pemberhentian kedua adalah sebuh pusat perbelanjaan besar.
Di sana, kaleng kedua diturunkan.
Kaleng tersebut ditempatkan di dalam kulkas supaya dingin dan dijual dengan harga Rp.7.500
Pemberhentian terakhir adalah hotel bintang 5 yang sangat mewah.
Kaleng ketiga diturunkan di sana.
Tapi, ia tidak ditempatkan di rak atau di dalam kulkas. Ia disimpan baik-baik, dan hanya akan dikeluarkan jika ada pesanan dari pelanggan.
Dan ketika ada yang memesan, kaleng ini dikeluarkan bersama dengan gelas kristal berisi batu es. Kemudian, ia disajikan dengan rapi di atas baki.
Pelayan hotel akan membuka kaleng coke itu, menuangkannya ke dalam gelas, dan dengan sopan menyajikannya ke pelanggan. Harganya Rp 40.000
Sekarang, pertanyaannya adalah: "Mengapa ketiga kaleng minuman ringan tersebut memiliki harga yang berbeda padahal diproduksi dari pabrik yang sama, diantar dengan truk yang sama dan bahkan mereka memiliki rasa yang sama?"
Lingkungan kita mencerminkan harga kita.
Lingkungan berbicara tentang RELATIONSHIP. Apabila kita berada di lingkungan yang bisa mengeluarkan potensi/hal terbaik dari diri kita, maka kita akan menjadi cemerlang.
Tapi bila kita berada di lingkungan yang mengerdilkan diri kita, maka kita juga akan menjadi kerdil.
Saat saya bekerja di bandara kemarin entah kenapa saya kembali mengingat artikel ini. Artikel ini menjadikan memotifasi untuk saya dalam memimpin sebagai leader kemarin Dan itu adalah kekuatan untuk saya agar surfive..
postingan inspiratif!
BalasHapussomething :-)
BalasHapus